• CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MADRASAH ALIYAH


    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    (RPP)

    Nama Sekolah/Madrasah        : Madrasah Aliyah

    Mata Pelajaran                        : Fiqih

    Kelas/Semester                        : Sepuluh (X)/Ganjil

    Materi Pokok                          : Konsep-konsep fiqih dalam Islam

    Alokasi Waktu                        : 2x45 Menit

    A.    Kompetensi Inti (KI)

    1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

    2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,      damai) santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

    3.      Memahami menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

    4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


    B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

     

    Kompetensi Dasar

    Indikator

    1.1.Meyakini kesempurnaan ajaran agama Islam melalui kompleksitas aturan fikih

    ·    Mengimani Kesempurnaan Ajaran agama islam kompleksitas aturan fikih

    2.1.Menunjukkan perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari-hari

    ·    Mebuktikan perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari-hari

    3.1.Memahami konsep fikih dalam Islam

    ·    Megidentifikasi konsep fikih dalam Islam.

    ·    Menganalaisisi konsep fikih dalam Islam.

    ·    Merangkum konsep Fikih dalam Islam.

    4.1.Mempresentasikan konsep fikih dalam Islam

    ·    Menjelaskan konsep fikih dalam Islam

     

     

    C.    Tujuan Pembelajaran

    1.      Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat merumuskan  tentang konsep-konsep fikih dalam islam, menunjukkan  dalil-dalilnya,  serta dapat menjelaskan konsep fikih dalam Islam.

    2.      Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan  mengkomunikasikan, siswa dapat menyimpulkan konsep konsep fiqih dalam islam, menyebutkan ciri-ciri kosep fikih dalam islam sertadapat mengerti dan memahami serta dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

     

    D.    Materi Pembelajaran

    1.      Pengertian Konsep fiqih dalam Islam

    Kata fikih adalah bentukan dari kata fiqhun yang secara bahasa berarti (pemahaman yang mendalam) yang menghendaki pengerahan potensi akal. Ilmu fikih merupakan salah satu bidang keilmuan dalam syariah Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum atau aturan yang terkait dengan berbagai aspek kehidupan manusia, baik menyangkut individu, masyarakat, maupun
    hubungan manusia dengan Penciptanya.

    2.      Ruang Lingkup fiqih

    Ruang lingkup yang terdapat pada ilmu Fikih adalah semua hukum yang berbentuk amaliyah untuk diamalkan oleh setiap mukallaf (Mukallaf artinya orang yang sudah dibebani atau diberi tanggungjawab melaksanakan ajaran syariah Islam dengan tanda-tanda seperti baligh, berakal, sadar, sudah masuk Islam). Hukum yang diatur dalam Fikih Islam itu terdiri dari hukum wajib, sunah,
    mubah, makruh dan haram; di samping itu ada pula dalam bentuk yang lain seperti sah, batal, benar, salah dan sebagainya.

    3.      Perbedaan Fiqih dengan syariah

    Secara terminologis, kata syariah berarti sumber air yang digunakan untuk minum. Namun dalam perkembangannya kata ini lebih sering digunakan untuk jalan yang lurus, yakni agama yang benar. Pengalihan ini bias dimengerti karena sumber mata air merupakan kebutuhan pokok manusia untuk memelihara kehidupannya, sedangkan agama yang benar juga merupakan kebutuhan pokok manusia yang akan membawa pada keselamatan dan kebaikan hidup di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, selanjutnya arti syariah menjadi agama yang lurus yang diturunkan oleh Allah Swt. (satu-satunya Tuhan semesta Alam) untuk umat manusia. Secara umum keberadaan syariah Islam ialah untuk mengatur kehidupan manusia sebagai makhluk individual untuk taat, tunduk dan patuh
    kepada Allah Swt. Ketaatan dan ketundukan tersebut diwujudkan dalam bentuk
    ibadah yang telah diatur dalam syariah Islam

    SYARIAH

    FIKIH

    Bersumber dari Al-Qur’an Hadis serta
    kesimpulan-kesimpulan yang diambil dari
    keduanya

    Bersumber dari para Ulama dan ahli
    Fiqh, tetapi tetap merujuk pada Al
    Qur’an dan Hadis

    Hukumnya bersifat Qat’i (Pasti)

    Hukumnya bersifat Zanni (dugaan)

    Hukum Syariahnya hanya Satu (Universal)
    tetapi harus ditata oleh semua umat Islam

    Berbagai ragam cara pelaksanaannya

    Tidak ada campur tangan manusia (ulama)
    dalam menetapkan hukum

    Adanya campur tangan (ijtihad) para
    Ulama dalam penetapan pelaksanan
    hukum



    4.      Ibadah dan Karakteristiknya

    Menurut bahasa ada empat makna dalam pengertian ibadah; (1) ta’at; (2) tunduk; (3) hina; dan (4) pengabdian. Jadi ibadah itu merupakan bentuk ketaatan, ketundukan, dan pengabdian kepada Allah.
    Didalam Al Qur`an, kata ibadah berarti: patuh (at-ta’ah), tunduk (al-khudu ), mengikut, menurut, dan doa. Dalam pengertian yang sangat luas, ibadah adalah segala sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah, baik berupa perkataan maunpun perbuatan. Adapun menurut ulama Fikih, ibadah adalah semua bentuk pekerjaan yang bertujuan memperoleh ridho Allah dan mendambakan pahala dari-Nya di akhirat.

    E.     Metode Pembelajaran

    1.      Diskusi, membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara dengan bisa bergantian untuk saling tanya jawab dari peserta yang lainya  Setelah diskusi masing-masing kelompok selesai mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.

    2.      Tanya jawab, guru memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi konsep fikih dalm islam, setiap bangku diberikan  pertanyaaan untuk dijawab bersama teman sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk menyampaikan jawabanya didepan kelas.

    3.      Penugasan: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mencari ayat-ayat yang relevan dengan konsep fikih dalam islam serta fenomena-fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar.

     

    F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

    a.       Sumber Pembelajaran  :

    ·      Buku Pedoman Guru Mapel Fiqih.

    ·      Buku Pegangan Siswa Mapel Fiqih.

    ·      Al-qur’an dan hadist

     

     

    b.      Media :

    ·      Video

    ·      Media online

    ·      Masalah Yang Ada di Sekitar Lingkungan

     

    c.       Alat dan Bahan :

    LCD, Proyektor, Leptop, Speaker, Papan tulis, spidol, penghapus.

    G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

     

    Kegiatan

    Deskripsi Kegiatan

    Alokasi Waktu

    Pendahuluan

     

    10 Menit

     

    1)      Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

     

    2)      Menyapa kondisi kelas dan mengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

     

    3)      Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan

     

    4)      Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

     

    5)      Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar

    Kegiatan Inti

     

     

    1)      Mengamati

    Menemukan kasus atau melihat fenomena yang berkenaan dengan konsep-konsep fiqih dalam islam di kehidupan sehari-hari.

    65 Menit

     

    2)      Menanya

    ·         Memberikan Kajian Atau Komentar atas kasus atau fenomena dikehidupan sehari-hari

    ·         Memberikan Peluang Kepada para peserta didik lain untuk menangapi komentar atau kajian dari temanya

    ·         Guru Memeberikan Tanggapan atas kajian atau komentar dan tanggapan dari siswa

     

     

    3)      Mengeksplorasi

    ·         Memilah Teori dan kajian yang berhubungan dengan konsep fiqih dalam islam

    ·         Memgumpulkan sumber informasi baik dari buku cetak maupun media online serta sumber dari para ulama-ulama yang ada tentang konsep-konsep fiqih dalam islam serta pengaplikasianya dalam kehidupan sehari-hari

     

     

    4)      Mengasosiasi

    ·         Merumuskan Hasil dari teori dan kajian dari berbagai sumber yang ada yang berkaitan dengan konsep Fiqih dalam islam

    ·         Memilih teori dan kajian untuk dijadiakan rumusan dalam memahami konsep Fiqih dalam Islam.

     

     

    5)      Mengkomunikasikan

    ·         Mempresentasiakan Kesimpulan yang telah dirumuskan Yang Berkaitan dengan konsep fiqih dalam Islam.

    ·         Menyampaikan hasil kajian dan teorinya yang berkenaan dengan konsep Fiqih dalam Islam.

    Penutup

     

     

    1)       Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

    15 Menit

     

    2)       Guru memberikan penguatan materi ajar tentang materi yang telah dismpaikan.

     

    3)       Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar

     

    4)       Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup dan doa kafaratullmajlis

     

    H.    Penilaian

    1.      Jenis/ teknik penilaian

    a.       Teknik Observasi

    b.      Penilaian Antar Teman

    c.       Tes Tulis/Lisan

    d.      Portofolio

    2.           Bentuk Instrumen dan Instrumen

    A.    PENILAIAN SIKAP

    PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

     

    Petunjuk :

    Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

    a.       4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

    b.      3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

    c.       2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

    d.      1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

     

    Nama Peserta Didik    : ………………….

    Kelas                           : ………………….

    Tanggal Pengamatan   : …………………..

    Materi Pokok              : …………………..

    No

    Aspek Pengamatan

    Nilai

    1

    2

    3

    4

    1

    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

     

     

     

     

    2

    Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

     

     

     

     

    3

    Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi

     

     

     

     

    4

    Menyatakan kekaguman kepada Allah SWT Serta Bersikap Baik dan Berakhlak Mulia

     

     

     

     

    5

    Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar

     

     

     

     

    Jumlah Skor

     

     

     

     

     

    LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP JUJUR

    Nama Peserta Didik    :           ………………….

    Kelas                           :………………….

    Materi Pokok              :………………….

    Tanggal                        :………………….

    PETUNJUK

    ·         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti

    ·         Berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

    No

    Pernyataan

    TP

    KD

    SR

    SL

    1

    Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan

     

     

     

     

    2

    Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya

     

     

     

     

    3

    Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang

     

     

     

     

    4

    Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan

     

     

     

     

    5

    Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

     

     

     

     

    Keterangan/ pedoman penskoran:

                SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan

                SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan

                KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan

                TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

     

    Lembar Penilaian Antarpeserta didik Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)

    Petunjuk :

    Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

    a.       4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

    b.      3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

    c.       2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

    d.      1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

     

    Nama Peserta Didik yang dinilai             : ………………….

    Kelas                                                        : ………………….

    Tanggal Pengamatan                               : …………………..

    Materi Pokok                                           : …………………..

    No

    Aspek Pengamatan

    Skor

    1

    2

    3

    4

    1

    Masuk kelas tepat waktu

     

     

     

     

    2

    Mengumpulkan tugas tepat waktu

     

     

     

     

    3

    Memakai seragam sesuai tata tertib

     

     

     

     

    4

    Mengerjakan tugas yang diberikan

     

     

     

     

    5

    Tertib dalam mengikuti pembelajaran

     

     

     

     

    6

    Membawa buku teks sesuai mata pelajaran

     

     

     

     

    Jumlah Skor

     

     

     

     

    Petunjuk Penskoran :

    Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

    Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

     

     

    Peserta didik memperoleh nilai :

    Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00

    Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33

    Cukup              : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33

    Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33

     

    B.     PENILAIAN KOGNITIF

    1.      Jelaskan pengertian konsep fikih dalam Islam menurut bahasa dan istilah !

    2.      Sebutkan konsep-konsep fikih dalam islam serta pengertinya !

    3.      Terangkan ruang lingkup konsep fikih dalam islam !

    4.      Carilah ayat Al Qur`an yang relevan dengan konsep fikih dalm islam !

    5.      Sebutkan contoh-contoh konsep fikih dalam islam !

    Pedoman Penskoran:

    Jawaban benar x 20 = Skor Akhir

     

    C.    PENILAIAN PSIKOMOTORIK

    LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)

     

    Kelas: ............................

    Nama: ............................

    Topik: ..........................

     

    No

     

    Materi Yang Harus Dikuasai

    Aspek Penilaian

    Catatan

    Lancar

    Fasih

    Intonasi

    Ekpresi

     

    1

    Menghafal salah satu ayat yang relevan dengan materi yang berkaitan dengan konsep fikih dalam islam

     

     

     

     

     

    2

    Dapat menyebutkan Macam-macam Konsep fikih dalam Islam

     

     

     

     

     

    3

    Menghafal Pembagian Konsep-konsep fikih dalm islam

     

     

     

     

     

    4

    Menghafalkan kegunan konsep fikih dalam islam

     

     

     

     

     

    5

    Mengafalkan dasar-dasar konsep fikih dalam islam

     

     

     

     

     

    Jumlah Nilai

     

     

     

     

     

    Pedoman penskoran :

             5 = sangat baik

             4 = baik

             3 = cukup

             2 = kurang

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

                                                                                                                         Malang,  15 April  2019

    Mengetahui

    Kepala Madrasah Aliyah                                                                                   Guru Bidang studi

     

     

     

     

    Rofi a w                                                                                                                        Ismail

     

     

     


     

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Art Education. Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer