RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah/Madrasah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : Sepuluh (X)/Ganjil
Materi Pokok : Konsep-konsep fiqih dalam Islam
Alokasi Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai)
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar |
Indikator |
1.1.Meyakini kesempurnaan ajaran agama Islam melalui
kompleksitas aturan fikih |
· Mengimani Kesempurnaan Ajaran agama islam
kompleksitas aturan fikih |
2.1.Menunjukkan perilaku taat terhadap ketentuan hukum fikih
dalam kehidupan sehari-hari |
· Mebuktikan perilaku taat terhadap
ketentuan hukum fikih dalam kehidupan sehari-hari |
3.1.Memahami konsep fikih dalam Islam |
· Megidentifikasi konsep
fikih dalam Islam. · Menganalaisisi konsep fikih dalam Islam. · Merangkum konsep Fikih dalam Islam. |
4.1.Mempresentasikan konsep fikih dalam Islam |
· Menjelaskan konsep fikih dalam
Islam |
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengamati,
menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan
mengkomunikasikan, siswa dapat merumuskan tentang konsep-konsep fikih dalam islam,
menunjukkan dalil-dalilnya, serta dapat menjelaskan konsep fikih dalam Islam.
2. Setelah mengamati,
menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan
mengkomunikasikan, siswa dapat menyimpulkan
konsep konsep fiqih dalam islam, menyebutkan ciri-ciri kosep fikih dalam islam
sertadapat mengerti dan memahami serta dapat diaplikasikan di kehidupan
sehari-hari.
D. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
Konsep fiqih dalam Islam
Kata fikih
adalah bentukan dari kata fiqhun yang secara
bahasa berarti (pemahaman yang mendalam) yang menghendaki pengerahan potensi akal. Ilmu
fikih merupakan salah satu bidang keilmuan dalam syariah Islam yang secara khusus
membahas persoalan hukum atau aturan yang terkait dengan berbagai aspek
kehidupan manusia, baik menyangkut individu, masyarakat, maupun
hubungan
manusia dengan Penciptanya.
2. Ruang
Lingkup fiqih
Ruang lingkup yang terdapat pada ilmu
Fikih adalah semua hukum yang berbentuk amaliyah untuk diamalkan oleh setiap mukallaf (Mukallaf
artinya orang yang sudah dibebani atau diberi tanggungjawab melaksanakan
ajaran syariah Islam dengan tanda-tanda seperti baligh, berakal, sadar, sudah
masuk Islam). Hukum yang diatur dalam Fikih Islam itu terdiri dari hukum
wajib, sunah,
mubah,
makruh dan haram; di samping itu ada pula dalam bentuk yang lain seperti sah,
batal, benar, salah dan sebagainya.
3. Perbedaan
Fiqih dengan syariah
Secara
terminologis, kata syariah berarti sumber air yang digunakan untuk minum. Namun
dalam perkembangannya kata ini lebih sering digunakan untuk jalan yang lurus,
yakni agama yang benar. Pengalihan ini bias dimengerti
karena sumber mata air merupakan kebutuhan pokok manusia untuk memelihara
kehidupannya, sedangkan agama yang benar juga merupakan kebutuhan pokok manusia
yang akan membawa pada keselamatan dan kebaikan hidup di dunia dan
akhirat. Oleh karena itu, selanjutnya arti syariah menjadi agama yang lurus
yang diturunkan oleh Allah Swt. (satu-satunya Tuhan semesta Alam) untuk umat
manusia. Secara umum keberadaan syariah Islam ialah untuk mengatur kehidupan
manusia sebagai makhluk individual untuk taat, tunduk dan patuh
kepada
Allah Swt. Ketaatan dan ketundukan tersebut diwujudkan dalam bentuk
ibadah
yang telah diatur dalam syariah Islam
SYARIAH |
FIKIH |
Bersumber dari Al-Qur’an Hadis
serta |
Bersumber dari para Ulama dan
ahli |
Hukumnya bersifat Qat’i (Pasti) |
Hukumnya bersifat Zanni (dugaan) |
Hukum Syariahnya hanya Satu
(Universal) |
Berbagai ragam cara
pelaksanaannya |
Tidak ada campur tangan manusia
(ulama) |
Adanya campur tangan (ijtihad)
para |
4. Ibadah dan
Karakteristiknya
Menurut bahasa ada empat makna dalam
pengertian ibadah; (1) ta’at; (2) tunduk; (3) hina; dan (4) pengabdian. Jadi ibadah itu
merupakan bentuk ketaatan, ketundukan, dan pengabdian kepada Allah.
Didalam
Al Qur`an, kata ibadah berarti: patuh (at-ta’ah), tunduk (al-khudu ), mengikut,
menurut, dan doa. Dalam pengertian yang sangat luas, ibadah adalah segala
sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah, baik berupa perkataan maunpun
perbuatan. Adapun menurut ulama Fikih, ibadah adalah semua bentuk pekerjaan
yang bertujuan memperoleh ridho Allah dan mendambakan pahala
dari-Nya di akhirat.
E. Metode Pembelajaran
1.
Diskusi, membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang siswa menjadi moderator, seorang menjadi
notulis dan seorang menjadi juru bicara dengan bisa bergantian untuk saling
tanya jawab dari peserta yang lainya Setelah diskusi masing-masing kelompok selesai
mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.
Tanya jawab, guru memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi
konsep fikih dalm islam, setiap bangku diberikan pertanyaaan untuk dijawab bersama teman
sebangku, bagi mereka yang sudah selesai diberikan kesempatan untuk
menyampaikan jawabanya didepan kelas.
3.
Penugasan: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk mencari
ayat-ayat yang relevan dengan konsep fikih dalam islam serta fenomena-fenomena
yang terjadi dilingkungan sekitar.
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
a. Sumber Pembelajaran :
·
Buku Pedoman Guru Mapel Fiqih.
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Fiqih.
·
Al-qur’an dan hadist
b. Media :
·
Video
·
Media online
·
Masalah Yang Ada di Sekitar Lingkungan
c. Alat dan Bahan :
LCD, Proyektor, Leptop, Speaker,
Papan tulis, spidol, penghapus.
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
10 Menit |
|
|
1) Mengajak
semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa |
|
|
2)
Menyapa kondisi
kelas dan mengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas |
|
|
3)
Guru mengajak siswa tadarrus bersama surat-surat pendek atau ayat-ayat pilihan |
|
|
4)
Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari |
|
|
5)
Guru mengajak siswa untuk menentukan metode dan kontrak belajar |
|
Kegiatan Inti |
|
|
|
1) Mengamati Menemukan
kasus atau melihat fenomena yang berkenaan dengan konsep-konsep fiqih dalam
islam di kehidupan sehari-hari. |
65 Menit |
|
2) Menanya ·
Memberikan
Kajian Atau Komentar atas kasus atau fenomena dikehidupan sehari-hari ·
Memberikan
Peluang Kepada para peserta didik lain untuk menangapi komentar atau kajian
dari temanya ·
Guru Memeberikan
Tanggapan atas kajian atau komentar dan tanggapan dari siswa
|
|
|
3) Mengeksplorasi ·
Memilah Teori
dan kajian yang berhubungan dengan konsep fiqih dalam islam ·
Memgumpulkan
sumber informasi baik dari buku cetak maupun media online serta sumber dari para
ulama-ulama yang ada tentang konsep-konsep fiqih dalam islam serta
pengaplikasianya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
4) Mengasosiasi ·
Merumuskan Hasil
dari teori dan kajian dari berbagai sumber yang ada yang berkaitan dengan
konsep Fiqih dalam islam ·
Memilih teori
dan kajian untuk dijadiakan rumusan dalam memahami konsep Fiqih dalam Islam.
|
|
|
5) Mengkomunikasikan ·
Mempresentasiakan
Kesimpulan yang telah dirumuskan Yang Berkaitan dengan konsep fiqih dalam
Islam. ·
Menyampaikan
hasil kajian dan teorinya yang berkenaan dengan konsep Fiqih dalam Islam. |
|
Penutup |
|
|
|
1) Siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran |
15 Menit |
|
2)
Guru memberikan penguatan materi ajar tentang materi yang telah
dismpaikan. |
|
|
3)
Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar |
|
|
4)
Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup dan doa kafaratullmajlis |
H. Penilaian
1. Jenis/ teknik penilaian
a.
Teknik Observasi
b.
Penilaian Antar Teman
c.
Tes Tulis/Lisan
d.
Portofolio
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
A. PENILAIAN SIKAP
PEDOMAN OBSERVASI
SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
a. 4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
b. 3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
c. 2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
d. 1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi
Pokok : …………………..
No |
Aspek Pengamatan |
Nilai |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
|
|
|
2 |
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
|
|
|
3 |
Memberi salam sebelum dan sesudah presentasi |
|
|
|
|
4 |
Menyatakan kekaguman kepada Allah SWT Serta Bersikap
Baik dan Berakhlak Mulia |
|
|
|
|
5 |
Merasakan kebesaran Tuhan saat belajar |
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP
JUJUR
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :………………….
Materi
Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
·
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
·
Berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan
keadaan kalian sehari-hari
No |
Pernyataan |
TP |
KD |
SR |
SL |
1 |
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan
ulangan |
|
|
|
|
2 |
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan
sumbernya |
|
|
|
|
3 |
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika
menemukan barang |
|
|
|
|
4 |
Saya berani mengakui kesalahan yang saya
dilakukan |
|
|
|
|
5 |
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain |
|
|
|
|
Keterangan/
pedoman penskoran:
•
SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan yang diberikan
•
SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
yang diberikan
•
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik Sikap Disiplin (PENILAIAN
TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
a. 4 = selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
b. 3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
c. 2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
d. 1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No |
Aspek Pengamatan |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Masuk kelas tepat waktu |
|
|
|
|
2 |
Mengumpulkan tugas tepat
waktu |
|
|
|
|
3 |
Memakai seragam sesuai tata tertib |
|
|
|
|
4 |
Mengerjakan tugas yang
diberikan |
|
|
|
|
5 |
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran |
|
|
|
|
6 |
Membawa buku teks sesuai
mata pelajaran |
|
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik
memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
B.
PENILAIAN KOGNITIF
1.
Jelaskan pengertian konsep fikih dalam Islam menurut
bahasa dan istilah !
2.
Sebutkan konsep-konsep fikih dalam islam serta
pengertinya !
3.
Terangkan ruang lingkup konsep fikih dalam islam !
4.
Carilah ayat Al Qur`an yang relevan dengan konsep fikih dalm islam !
5.
Sebutkan contoh-contoh konsep fikih dalam islam !
Pedoman
Penskoran:
Jawaban benar x 20 = Skor
Akhir
C.
PENILAIAN PSIKOMOTORIK
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK
(KETERAMPILAN)
Kelas:
............................
Nama:
............................
Topik:
..........................
No |
Materi Yang Harus Dikuasai |
Aspek Penilaian |
Catatan |
|||
Lancar |
Fasih |
Intonasi |
Ekpresi |
|
||
1 |
Menghafal salah satu ayat yang
relevan dengan materi yang berkaitan dengan konsep fikih dalam islam |
|
|
|
|
|
2 |
Dapat menyebutkan Macam-macam Konsep fikih dalam Islam |
|
|
|
|
|
3 |
Menghafal Pembagian Konsep-konsep fikih dalm islam |
|
|
|
|
|
4 |
Menghafalkan kegunan konsep fikih dalam islam |
|
|
|
|
|
5 |
Mengafalkan dasar-dasar konsep fikih dalam islam |
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai |
|
|
|
|
|
Pedoman penskoran
:
•
5 = sangat baik
•
4 = baik
•
3 = cukup
•
2 = kurang
Malang, 15 April 2019
Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah Guru Bidang studi
Rofi a w Ismail
Tidak ada komentar:
Posting Komentar